Wednesday, August 3, 2011

BAGAIMANA CARA MENGGUNAKAN (PENGGUNAAN) JANGKA SORONG

Ketepatan pengukuran panjang dapat ditingkatkan dengan menggunakan perangkat yang menggunakan skala Vernier geser. Instrumen ini memiliki skala utama (dalam milimeter) dan skala Vernier geser. Pada Gambar 1 di bawah ini, skala Vernier (di bawah) dibagi menjadi 10 bagian yang sama dan selanjutnya panjang terkecil yan bisa dibaca dengan alat ini adalah 0,1 mm. Baik Skala utama maupun skala vernier keduanya diperhitungkan dalam pengukuran. Skala utama dibaca dari angka yang terlihat di sebelah kiri angka nol pada skala vernier (3 mm), sementara membaca skala Vernier adalah tanda pada skala Vernier yang justru bertepatan dengan tanda pada skala utama (0,7 mm). Oleh karena itu hasil bacaannya adalah 3,7 mm.

Gambar 1: membaca di sini adalah 3,7 mm.

Gambar 1: baca di sini adalah 15,8 mm.
The vernier calipers Kaliper Vernier
Jangka sorong yang ada di laboratorium menggabungkan skala utama dan skala Vernier geser yang memungkinkan pembacaan ke 0,02 mm terdekat. Alat ini dapat digunakan untuk mengukur dimensi luar objek (menggunakan rahang utama), bagian dalam tabung (menggunakan rahang yang lebih kecil di atas), dan kedalaman (menggunakan batang).

Gambar 3: Jangka sorong
Untuk mengukur dimensi luar suatu objek, objek ditempatkan di antara rahang, yang kemudian bergerak bersama-sama sampai mereka menjepit objek. Penjepit sekrup kemudian dapat dikencangkan untuk memastikan bahwa pembacaan tidak berubah sementara skala sedang dibaca.
Angka-angka signifikan pertama dibaca ke dekat kiri nol skala Vernier dan digit sisanya diambil spada skala yang berihimpit antara skala utama dan skala geser.
Beberapa contoh:
Perhatikan bahwa daerah penting dari skala Vernier diperbesar di sudut kanan atas dari angka masing-masing.

Gambar 4: hasil pembacaan adalah 37,46 mm.
Pada Gambar 4 di atas, angka signifikan pertama diambil sebagai skala utama membaca ke kiri, Vernier nol yaitu 37 mm. Sisa dua digit diambil dari skala Vernier membaca bahwa garis-garis dengan setiap membaca skala utama, yaitu 46 pada skala Vernier. Jadi hasil pengukuran adalah 37,46 mm.

.
Diterjemahkan dari: http://www.complore.com/using-vernier-calipers-and-micrometer-screw-gauge-0 

No comments:

Post a Comment

Post a Comment